Friday 23 March 2012

Teknologi Pembelajaran ??


Apa sih teknologi pembelajaran itu ?
Teknologi pembalajaran adalah usaha sistematik dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi keseluruhan proses belajar untuk suatu tujuan khusus, serta didasarkan pada penelitian tentang proses belajar dan komunikasi pada manusia yang menggunakan kombinasi sumber manusia dan manusia agar belajar dapat berlangsung efektif.
Atau bisa pula diartikan sebagai pengembangan (riset, desain, produksi, evaluasi, dukungan-pasokan, pemanfaatan) komponen sistem pembelajaran (pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan latar) serta pengelolaan usaha pengembangan (organisasi dan personal) secara sistematik, dengan tujuan untuk memecahkan masalah belajar.
Nah, berikut ini saya ingin memberikan contoh-contoh teknologi yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran.

# TEKNOLOGI CETAK
Cara untuk memproduksi atau menyampaikan bahan. Teknologi ini menjadi dasar untuk pengembangan dan pemanfaatan dari kebanyakan bahan pembelajaran lain.
Adapun ciri-ciri dri teknologi ini adalah :
-Teks dibaca secara linier, sedangkan visual direkam menurut ruang.
-Biasanya memberikan komunikasi satu arah yang pasif.
-Berbentuk visual yang statis.
-Pengembangannya sangat bergantung kepada prinsip-prinsip linguistik dan persepsi visual.
-Berpusat pada pembelajar.
-Informasi dapat diorganisasikan dan distrukturkan kembali oleh pemakai.
Contoh produk dari teknologi ini :
-Buku-buku
-Bahan-bahan visual yang statis(Terutama melalui pencetakan mekanis atau photografis)

# TEKNOLOGI AUDIO/VISUAL
Merupakan cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan peralatan dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Pembelajaran audio-visual dapat dikenal dengan mudah karena menggunakan perangkat keras di dalam proses pengajaran. Peralatan audio-visual memungkinkan pemroyeksian gambar hidup, pemutaran kembali suara, dan penayangan visual yang beukuran besar. Pembelajaran audio-visual didefinisikan sebagai produksi dan pemanfaatan bahan yang berkaitan dengan pembelajaran melalui penglihatan dan pendengaran yang secara eksklusif tidak selalu harus bergantung kepada pemahaman kata-kata dan simbol-simbol sejenis
Ciri-cirinya :
-Bersifat linier.
-Menampilkan visual yang dinamis.
-Secara khas digunakan menurut cara yang sebelumnya telah ditentukan oleh desainer/pengembang.
-Cenderung merupakan bentuk representasi fisik dari gagasan yang riil dan abstrak.
-Dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip psikologi tingkah laku dan kognitif.
-Sering berpusat pada guru, kurang memperhatikan interaktivitas belajar si pembelajar.

# TEKNOLOGI BERBASIS KOMPUTER
Merupakan cara-cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan perangkat yang bersumber pada mikroprosesor. Pada dasarnya, teknologi berbasis komputer menampilkan informasi kepada pembelajar melalui tayangan di layar monitor.
Berbagai aplikasi komputer biasanya disebut “computer-based intruction (CBI)”, “computer assisted instruction (CAI”), atau “computer-managed instruction (CMI)”.
Aplikasi-aplikasi ini hampir seluruhnya dikembangkan berdasarkan teori perilaku dan pembelajaran terprogram, akan tetapi sekarang lebih banyak berlandaskan pada teori kognitif. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat bersifat :
(1) tutorial, pembelajaran utama diberikan,
(2) latihan dan pengulangan untuk membantu pembelajar mengembangkan kefasihan dalam bahan yang telah dipelajari sebelumnya,
(3) permainan dan simulasi untuk memberi kesempatan menggunakan pengetahuan yang baru dipelajari; dan
(4) dan sumber data yang memungkinkan pembelajar untuk mengakses sendiri susunan data melalui tata cara pengakasesan (protocol) data yang ditentukan secara eksternal.
Teknologi ini memiliki ciri-ciri :
  • Dapat digunakan secara secara acak, disamping secara linier
  • Dapat digunakan sesuai dengan keinginan Pembelajar, disamping menurut cara seperti yang dirancang oleh pengembangnya.
  • Gagasan-gagasan biasanya diungkapkan secara abstrak dengan menggunakan kata, simbol maupun grafis.
  • Prinsip-prinsip ilmu kognitif diterapkan selama pengembangan
  • Belajar dapat berpusat pada pembelajar dengan tingkat interaktivitas tinggi.

# TEKNOLOGI TERPADU
Merupakan cara untuk memproduksi dan menyampaikan bahan dengan memadukan beberapa jenis media yang dikendalikan komputer. Keistimewaan yang ditampilkan oleh teknologi ini,– khususnya dengan menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi, yakni adanya interaktivitas pembelajar yang tinggi dengan berbagai macam sumber belajar.
Ciri-cirinya :
  • Dapat digunakan secara acak, disamping secara. linier
  • Dapat digunakan sesuai dengan keinginan Pembelajar, disamping menurut cara seperti yang dirancang oleh pengembangnya.
  • Gagasan-gagasan sering disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman Pembelajar, relevan dengan kondisi pembelajar, dan di bawah kendali pembelajar.
  • Prinsip-prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan pemanfaatan bahan pembelajaran
  • Belajar dipusatkan dan diorganisasikan menurut pengetahuan kognitif sehingga pengetahuan terbentuk pada saat digunakan.
  • Bahan belajar menunjukkan interaktivitas pembelajar yang tinggi
  • Sifat bahan yang mengintegrasikan kata-kata dan contoh dari banyak sumber media.
Begitulah contoh-contoh dari teknologi pembelajaran. Jadi pada intinya teknologi-teknologi itu dibuat/diciptakan untuk :
-Meningkatkan efiensi belajar
-Mengikuti perkembangan jaman
-Menjaga agar murid terhindar dari kejenuhan belajar
Okeh karena itu teknologi pembelajaran ini benar-benar perlu untuk diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia ini. Tentunya agar kualitas pendidikan di negara kita ini menjadi semakin maju.
Demikianlah,
Semoga bermanfaat  :)

REFERENSI :







No comments:

Post a Comment