Thursday, 22 March 2012

Phillip E Vernon dan Inteligensi

Anggota Kelompok :


Ariansyah (11-063)
Wahyu Habibie (11-075)
Firman Sebayang (11-123)



Hai Bloggers ! :)
Kali ini kami akan menjelaskan beberapa hal terkait dengan Inteligensi.
 Ada berbagai pandangan tokoh mangenai inteligensi ini. Namun pada kesempatan kali ini kami akan membahas Inteligensi menurut Phillip Ewart Vernon.
penasaran ?
Cekidot ! :D


Definisi Inteligensi menurut Vernon terbagi atas tiga tipe, yaitu :
·         Inteligensi A , yaitu potensi dasar dari organisme, baik hewan atau manusia, untuk belajar dan beradaptasi dengan lingkungannya. Inteligensi tipe ini ditentukan oleh gen tetapi dimediasi terutama oleh kompleksitas dan plastisitas dari sistem saraf pusat.
·         Inteligensi B , yaitu tingkat kemampuan bahwa seseorang benar-benar menunjukkan perilaku-kepandaian, efisiensi dan kompleksitas persepsi, belajar, berpikir, dan pemecahan masalah.
·         Inteligensi C , yaitu nilai atau IQ yang diperoleh dari tes tertentu.
Teori Inteligensi yang dikemukakan oleh Vernon hampir mirip dengan teori Spearman. Mari kita lihat teori dari Spearman di bawah ini :
Teori ini berpendapat bahwa inteligensi itu terbangun atas dua faktor, yaitu faktor general ability (“G”) dan special ability (“S”). Teori dua faktor Helpzinger merupakan variasi dan teori Spearman. Dia berpendapat bahwa tes yang tidak memenuhi syarat proporsionalitas tidak perlu dipandang sebagai pengganggu dan harus dibuang dari tes yang bersangkutan, sepanjang bagian-bagian tes lainnya dari tes tersebut memiliki faktor kebersamaan yang sama. 
Nah kemiripannya dengan Vernon adalah Vernon membagi lagi faktor "G" ke dalam dua bagian yaitu : 

1. Kelompok utama (major group factors) yang masing-masingmya adalah faktor pendidikan verbal (verbal educational factors), dan 

2. Faktor praktis (practical factors).

Jadi, kurang lebih beginiah teori Kepribadian menurut Phillip E Vernon :
 General Ability, terdiri dari :
1. Kelompok utama (major group factors) yang masing-masingmya adalah faktor pendidikan verbal (verbal educational factors). Kelompok ini dibagi lagi menjadi :
  • Faktor kelompok minor (minor-group factors) verbal.
  • Faktor kelompok minor (minor-group factors) numerical. 
2. Faktor praktis (practical factors). Faktor inipun terbagi lagi menjadi :
  • Kemampuan keruangan (spatial ability).
  • Kemampuan manual (manual ability).
  • Kemampuan mekanik (mechanical ability).
            Masing-masing bagian tersebut dibagi lagi menjadi faktor-faktor spesifik yang sangat besar jumlahnya dan mencakup lingkup yang sangat khusus.
Mengenai faktor-faktor spesifik, Vernon berpendapat bahwa sebenarnya faktor-faktor spesifik itu tidak banyak memiliki nilai praktis. Oleh karena itu, menurut Vernon, lebih baik membicarakan faktor-faktor yang lebih umum dikarenakan faktor umum itulah yang berkorelasi lebih konsisten dan substansial dengan masalah kehidupan sehari-hari.
Demikianlah bahasan kami tentang teori kepribadian menurut Phillip Ewart Vernon.
Semoga bermanfaat  :)


Referensi :

No comments:

Post a Comment