Bloggers ,
Kali ini saya ingin menunjukkan
contoh praktek dari metode belajar Blended Learning,
Berikut ini adalah percakapan saya
dengan teman saya yaitu : Firman A Sebayang yang kami lakukan via Gtalk,
Langsung aja ya,
Cekidot :
Firman: gmn ari
sudah siap berdiskusi?
21:06 saya: siap ! ayo kita mulai..
Firman: oke
saya: kalau
menurutku, blended learning itu, salah satu metode belajar dimana kita itu
memadukan metode belajar yang konvensional (bertatap muka dan 2 arah) dengan
media2 online / teknologi online gimana lek ? ada yg mau di tambahkan ?
21:11 halo ?
21:13 Firman: oke jadi gini menerut ku gak jauh
bedakok dari ari
21:18 Firman: blended learning itu adalah metode pembelajaran
yang memadukan pertemuan tatap muka dengan materi online secara harmonis.
21:22 saya: oke, jadi intinya trainer dan trainee nya bisa
tatap muka langsung dan juga bisa bertatap secara 'maya'
21:23 oia blended learning juga punya nama lain yaitu long distance
instructed learning, yang lain menyebutnya virtual instructor led training
21:24 gimana fir ?
menurutmu apa aja keuntungan dari blended learning ini ?
21:25 oia, sebelimnya, dasar dari blended learning itu harus adanya
komunikasi 2 arah
21:26 inilah yang nantinya membedakan antara blended dgn e-learning
21:30 Firman: kalau menurut ku ri keuntungan dari blended ini
dia bisa digunakan saat pengajaraan jarak jauh, terus informasi yg didapat bisa
lebih cepat dan akurat, dan bisa di akses dimna dan kapan saja, ari gmn?
21:32 saya: ya, kurang lebih seprti itu juga, dengan adanya
blended learning ini, kita jadi lebih mudah untuk mencari referensi materinya
fir, karna bisa tinggal buka tab baru dan tanya deh sama Google
21:33 oia kentungan lainnya itu adalah
Firman: oya ri apa
sih sebenarnya tujuan dari blended learning itu sendiri?
21:34 saya: bisa memungkinkan terjadinya komunikasi 2
arah, maksudnya jadi bisa ada timbal balik antara pengajar dan
murid sehingga jika ada yg kurang di pahami bisa langsung di tanyakan
21:36 hmm tujuannya itu ya untuk memudahkan proses belajar itu sendiri
fir, agar tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu misalnya
21:37 kalau tiba2 harus ada pembicaraan di jam-jam malam nah
blended learning ini bisa memudahkan karna kita gak harus berjumpa langsung
satu sama lain
21:38 selain itu tujuannya mungkin untuk memenuhi tuntutan jaman,
dimana seperti yang kita tau semakin ke depan teknologi semakin maju
21:39 oia untuk lebih lengkapnya bisa liat di sini fir :
21:40 ada yg mau di tambahin fir ?
21:42 Firman: udah pas kali kyknya ri, oya segala sesuatu itu
kan ada yg negatifnya ri, kalau blended learning ini ada gak negatifnya ri??
21:44 saya: kayaknya yg paling jelasnya itu ya masalah koneksi
fir, karna sinyal yang lemah, percakapannya jadi terputus-putus kayaknya
yg paling utama cuma itu fir..
21:48 Firman: ni sedikit aku tambah ya ri, fasilitas yg
dimiliki pelajar juga tidak merata ri seperti komputer atau leptop, atau
kurangnya pengetahun masyarakat terhadap teknonologi sekarang, gmn ri?
21:49 saya: iya sih itu juga jadi kendala karna gak semuanya
punya laptop. tapi jangan cepat nyerah
gak ada rotan akarpun jadi keadaan seperti itu bisa di
siasati dengan menggunakan Gtalk yang ada di hp
21:50 download nya gak ribet kok jadi dimana ada kemauan di situ
aa jalan
*ada
oia masalah kurangnya pengetahuan
21:51 ya kita harus mau bertanya dengan orang yang ngrti, di sini kita
juga harus aktif dalam mencari infonya itu
21:56 Firman: oya bicara tentang info blended learning aku ada
sedikit ni ri Lima Kunci Merancang dan Mengembangkan Blended Learning Secara
Efektif
Menurut Jared M. Carmen, seorang Preseident Aglint Learning menyebutkan lima kunci dalam mengembangkan blended learning. coba buka link nya http://rizcafitria.wordpress.com/2011/04/30/blended-learning/
Menurut Jared M. Carmen, seorang Preseident Aglint Learning menyebutkan lima kunci dalam mengembangkan blended learning. coba buka link nya http://rizcafitria.wordpress.com/2011/04/30/blended-learning/
21:57 saya: oke2, aku buka dulu ya..
22:00 oke berarti menurut Jared M. untuk membuat proses blended
learning ini menjadi lebih berkualitas, adalah dgn cara :
22:02 1. harus ada tatap muka antara pengajar dengan murid, baik pada
waktu dan temat yg sama maupun pada waktu yg sama namun tempat yg berbeda
22:03 selain itu kalau bisa melibatkan teman/murid lintas kampus..
jd, ilmu /pengalamn yg di dapat bisa lebih variatif
22:04 trus perlu ada assessmentnya, jadi semacam ujian gitu..
22:05 trus juga untuk membuat blended learning ini semakin bak
tentunya harus ada dukungan fasilitas yg memadai dan materi2 yg memadai
pula materi yg memadai maksudnya materi tiu sudah berbentuk file2 digital
22:06 sehingga kita bisa langsung share ke teman
22:07 oia fir, mnurutmu apa beda antara e-learning ini dgn blended
learning ?
coba buka link ini :
22:08 http://www.muhammadnoer.com/2010/07/blended-learning-mengubah-cara-kita-belajar-di-masa-depan/
22:16 Firman: ohh berarti blended ni proses blajarnya dua arah
ya,kyk yg lgi kita kerjakan sekarang hehe sedangkan e-learning proses belajar
itu jadi terkesan sendirian satu arah gitu ri, misalnya kita lg cari info dari
blog. ya kan ri?
22:18 saya: nah, betul fir..
22:19 jadi kalau 2 arah itu kita bisa tnya jawab secara langsung
gini sedangkan yg e-learning kan kta cuma seperti hanya membaca aja.. itu
justru bisa bikin mudah bosan.
22:21 oke kayaknya sekarang kita buat kesimpulannya ya fir, kita bagi
tugas, kau nyimpulin pengetiannya fir, biar aku yang nyimpulin lus minusnya..
oke ?
22:22 Firman: oke aku duluan ya
22:25 lended learning merupakan proses pembelajaran yang memanfaatkan
berbagai macam pendekatan. Pendekatan yang dilakukan dapat memanfaatkan
berbagai macam media dan teknologi. Pembelajaran berlangsung secara
konvensional (tatap muka), mandiri, dan mandiri via online.
Bahan belajar mandiri secara offline disiapkan dalam bentuk digital, seperti dalam bentuk CD, MP3, DVD, dll. Sedangkan bahan belajar mandiri secara online disiapkan dalam bentuk via website resmi tertentu.
Bahan belajar mandiri secara offline disiapkan dalam bentuk digital, seperti dalam bentuk CD, MP3, DVD, dll. Sedangkan bahan belajar mandiri secara online disiapkan dalam bentuk via website resmi tertentu.
22:27 saya: oke, jadi keuntungan dari metode blended learning
ini :
1.tidak terikat ruang dan waktu.
22:28 2.memudahkan kita untuk mencari referensi online
22:29 3.menjawab tuntutan perkembangan jaman, karena ke depannya dunia
pendidikan pasti banyak berhubungan dengan internet sementara itu
kekurangannya itu adalah :
22:30 1.maalah gangguan sinyal yang bis amengganggu kelancaran diskusi
2.keterbatasan sarana pendukung, seperti laptop
22:31 3.kurangnya pengetahuan tentang penggunaan blended learning itu
ssendiri
oke fir, kayaknya sampai disini dulu diskusi kita malam ini..
22:32 semoga dengan adanya diskusi ini bisa membuat kita semakin
memahami tentang blended learning itu
Firman: baik lah
kalau begitu ri terima kasih ya ri
22:34 saya: oke fir sama-sama .. selamat malam dan sampai
jumpa.. hahaha
Hmmm lantas apa bedanya dengan
chatting ?
Sebenarnya ya sama saja dengan
ber-chatting, namun yang membedakannya mungkin adalah topik yang di bicarakan,
dan adanya link-link yang di berikan selama proses diskusi yang mana memudahkan
satu sama lain dalam berbagi informasi.
Baiklah, semoga bermanfaat :)
Thanx to :
GTalk
No comments:
Post a Comment