Apa sih teknologi
pembelajaran itu ?
Teknologi
pembalajaran adalah usaha sistematik dalam merancang, melaksanakan, dan
mengevaluasi keseluruhan proses belajar untuk suatu tujuan khusus, serta
didasarkan pada penelitian tentang proses belajar dan komunikasi pada manusia
yang menggunakan kombinasi sumber manusia dan manusia agar belajar dapat
berlangsung efektif.
Atau bisa pula
diartikan sebagai pengembangan (riset, desain, produksi, evaluasi,
dukungan-pasokan, pemanfaatan) komponen sistem pembelajaran (pesan, orang,
bahan, peralatan, teknik dan latar) serta pengelolaan usaha pengembangan
(organisasi dan personal) secara sistematik, dengan tujuan untuk memecahkan
masalah belajar.
Nah, berikut
ini saya ingin memberikan contoh-contoh teknologi yang bisa digunakan sebagai
media pembelajaran.
# TEKNOLOGI CETAK
Cara untuk
memproduksi atau menyampaikan bahan. Teknologi ini menjadi dasar untuk
pengembangan dan pemanfaatan dari kebanyakan bahan pembelajaran lain.
Adapun ciri-ciri
dri teknologi ini adalah :
-Teks dibaca
secara linier, sedangkan visual direkam menurut ruang.
-Biasanya
memberikan komunikasi satu arah yang pasif.
-Berbentuk
visual yang statis.
-Pengembangannya
sangat bergantung kepada prinsip-prinsip linguistik dan persepsi visual.
-Berpusat pada
pembelajar.
-Informasi
dapat diorganisasikan dan distrukturkan kembali oleh pemakai.
Contoh produk
dari teknologi ini :
-Buku-buku
-Bahan-bahan
visual yang statis(Terutama melalui pencetakan mekanis atau photografis)
# TEKNOLOGI AUDIO/VISUAL
Merupakan cara
memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan peralatan dan elektronis
untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Pembelajaran audio-visual dapat
dikenal dengan mudah karena menggunakan perangkat keras di dalam proses
pengajaran. Peralatan audio-visual memungkinkan pemroyeksian gambar hidup,
pemutaran kembali suara, dan penayangan visual yang beukuran besar.
Pembelajaran audio-visual didefinisikan sebagai produksi dan pemanfaatan bahan
yang berkaitan dengan pembelajaran melalui penglihatan dan pendengaran yang
secara eksklusif tidak selalu harus bergantung kepada pemahaman kata-kata dan
simbol-simbol sejenis
Ciri-cirinya :
-Bersifat
linier.
-Menampilkan
visual yang dinamis.
-Secara khas
digunakan menurut cara yang sebelumnya telah ditentukan oleh
desainer/pengembang.
-Cenderung
merupakan bentuk representasi fisik dari gagasan yang riil dan abstrak.
-Dikembangkan
berdasarkan prinsip-prinsip psikologi tingkah laku dan kognitif.
-Sering
berpusat pada guru, kurang memperhatikan interaktivitas belajar si pembelajar.
# TEKNOLOGI BERBASIS KOMPUTER
Merupakan
cara-cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan perangkat yang
bersumber pada mikroprosesor. Pada dasarnya, teknologi berbasis komputer
menampilkan informasi kepada pembelajar melalui tayangan di layar monitor.
Berbagai
aplikasi komputer biasanya disebut “computer-based intruction (CBI)”, “computer
assisted instruction (CAI”), atau “computer-managed instruction (CMI)”.
Aplikasi-aplikasi
ini hampir seluruhnya dikembangkan berdasarkan teori perilaku dan pembelajaran
terprogram, akan tetapi sekarang lebih banyak berlandaskan pada teori kognitif.
Aplikasi-aplikasi tersebut dapat bersifat :
(1) tutorial,
pembelajaran utama diberikan,
(2) latihan dan
pengulangan untuk membantu pembelajar mengembangkan kefasihan dalam bahan yang
telah dipelajari sebelumnya,
(3) permainan
dan simulasi untuk memberi kesempatan menggunakan pengetahuan yang baru dipelajari;
dan
(4) dan sumber
data yang memungkinkan pembelajar untuk mengakses sendiri susunan data melalui
tata cara pengakasesan (protocol) data yang ditentukan secara eksternal.
Teknologi ini
memiliki ciri-ciri :
- Dapat digunakan secara secara acak, disamping
secara linier
- Dapat digunakan sesuai dengan keinginan
Pembelajar, disamping menurut cara seperti yang dirancang oleh
pengembangnya.
- Gagasan-gagasan biasanya diungkapkan secara
abstrak dengan menggunakan kata, simbol maupun grafis.
- Prinsip-prinsip ilmu kognitif diterapkan selama
pengembangan
- Belajar dapat berpusat pada pembelajar dengan
tingkat interaktivitas tinggi.
# TEKNOLOGI TERPADU
Merupakan cara
untuk memproduksi dan menyampaikan bahan dengan memadukan beberapa jenis media
yang dikendalikan komputer. Keistimewaan yang ditampilkan oleh teknologi ini,–
khususnya dengan menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi, yakni adanya
interaktivitas pembelajar yang tinggi dengan berbagai macam sumber belajar.
Ciri-cirinya :
- Dapat digunakan secara acak, disamping secara.
linier
- Dapat digunakan sesuai dengan keinginan
Pembelajar, disamping menurut cara seperti yang dirancang oleh
pengembangnya.
- Gagasan-gagasan sering disajikan secara realistik
dalam konteks pengalaman Pembelajar, relevan dengan kondisi pembelajar,
dan di bawah kendali pembelajar.
- Prinsip-prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme
diterapkan dalam pengembangan dan pemanfaatan bahan pembelajaran
- Belajar dipusatkan dan diorganisasikan menurut
pengetahuan kognitif sehingga pengetahuan terbentuk pada saat digunakan.
- Bahan belajar menunjukkan interaktivitas
pembelajar yang tinggi
- Sifat bahan yang mengintegrasikan kata-kata dan
contoh dari banyak sumber media.
Begitulah contoh-contoh dari teknologi pembelajaran. Jadi pada intinya
teknologi-teknologi itu dibuat/diciptakan untuk :
-Meningkatkan efiensi belajar
-Mengikuti perkembangan jaman
-Menjaga agar murid terhindar dari kejenuhan belajar
Okeh karena itu teknologi pembelajaran ini benar-benar perlu untuk
diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia ini. Tentunya agar kualitas
pendidikan di negara kita ini menjadi semakin maju.
Demikianlah,
Semoga bermanfaat :)
REFERENSI :
No comments:
Post a Comment