Tuesday, 10 September 2013

-- Belajar, a Long-life Process --


" Berikan seorang pria semangkuk nasi dan Anda akan memberinya makan untuk sehari. Ajarkan seorang pria memelihara padi dan Anda akan memberinya makanan seumur hidup " - Confusius

Yap, belajar adalah sebuah proses yang akan terus kita alami sepanjang hidup, selama kita masih berjalan di atas dunia ini, selama kita masih bisa menghirup oksigen, dan selama-selama yang lainnya, kita akan terus mengalami kejadian demi kejadian yang sebenarnya menuntut kita untuk belajar.

Nah sekarang kembali ke pribadi kita masing-masing, apakah mau menjadikan kejadian-kejadian itu sebagai bahan untuk belajar atau tidak. Karena seperti yang kita ketahui, belajar itu gak harus duduk di kelas baca buku, pergi ke perpustakaan baca buku, gak gitu loh, gak sekaku itu loh teman-teman-teman.
Dimanapun dan kapanpun, selama kita mau dan peka maka diluar sana, di alam nan luas ini ada baaanyyaaak sekali hal yang bisa membuat kita belajar darinya.

Nah sekarang mari sedikit masuk teori yang ada,

#### Apa sih peran belajar dalam kehidupan sehari-hari ?

1. Belajar berperan dalam hal pemerolehan berbagai kemampuan dan keterampilan, tentang strategi untuk menjalankan peran di dunia, serta tentang sikap dan nilai yang memandu seseorang.

Contoh pengalaman pribadi :

Saya ingin mengaitkannya dengan bidang seni, yang merupakan minat saya. Berdasarkan poin di atas , contoh yang bisa saya berikan adalah ketika di Taman Kanak- Kanak, saya sangat tertarik denagn pelajaran menggambar, dan saya memperhatikan dengan sangat serius bagaimana cara menggambar yang baik, nah pada saat itulah terjadi proses belajar pada diri saya, karena sesampai di rumah, saya selalu mempraktekkan ulang.

Nah proses belajar yang saya lakukan pada saat itu hingga saat ini bisa di bilang menjadi strategi dalam menjalankan peran di dunia, mengapa ? karena saya memang memiliki rencana untuk menggeluti bidang seni nantinya, meskipun mungkin hanya sekedar sampingan.

Kemudian, jika dikaitkan dengan sikap dan nilai yang memandu seseorang, proses belajar yang saya lakukan dalam hal seni lukis ini membuat saya memiliki sikap dan nilai/minat yang tinggi dengan hal-hal yang berbau seni lukis, karna bagi sebagian orang yang tidak melakukan proses belajar terhadap seni lukis asti memiliki sikap dan nilai yang kurang terhadap seni lukis.


2. Belajar adalah hal yang penting bagi masyarakat, karena dapat mempelajari tentang nilai, bahasa, dan perkembangan kultur pengalaman yang diwariskan.

Contoh di kehidupan masyarakat :

Poin di atas dapat dicontohkan dengan terlestarikannya kuliner khas nusantara. Pada awalnya, masakan-masakn tersebut pasti berasal dari satu orang, nah kemudian karena ada orang lain yang mau mempelajari cara memasaknya maka jadilah masakan itu tercipta turun temurun/diwariskan.
Demikian juga dengan bahasa daerah, karena terus dipelajari dan digunakan maka bahasa daerah bisa tetap eksis hingga kini.


#### Apa kriteria untuk teori belajar ?

Menurut Clark Hull (1935), seorang teoritis behavioral, telah mengidentifikasikan tiga kriteria :

1. Seperangkat asumsi yang eksplisit yang merupakan keyakinan dasar teoritis tentang fenomena yang akan dibahas.

2. Suatu teori harus mencakup definisi yang eksplisit tentang istilah penting.

3. Membentuk tubuh teori.

4. Teori harus dapat menjelaskan dinamika psikologis dasar dari kejadian yang memengaruhi belajar.



#### Apa sih fungsi umum teori belajar ?

1. Sebagai kerangka riset.

2. Memberikan kerangka organisasi untuk item-item informasi.

3. Mengidentifikasikan sifat dari teori yang kompleks.

4. Mereorganisasi pengalaman sebelumnya.

5. Bertindak sebagai penjelasan kerja dari peristiwa.



#### Apa sih fungsi khusus teori belajar ?

1. Sebagai pedoman perencanaan instruksi.

2. Mengevaluasi produk untuk dipakai di kelas dan praktik belajar yang berlangsung.

3. Mendiagnosa problem dalam instruksi di kelas.

4. Mengevaluasi riset berdasarkan teori.



Nah, untuk sementara segini dulu ya bloggers..
Di minggu-minggu selanjutnya akan kita bahas lebih banyak lagi ..
:D

Sumber :

Gredler, Margaret E. , 2011 , Learning and Instruction Teori dan Aplikasi Edisi Keenam . Jakarta : Kencana



No comments:

Post a Comment