Anggota :
Bloggers !
Kali ini kami ingin
membahas beberapa hal terkait dengan media pembelajaran (Teknologi Pendidikan).
Adapun Hal -
hal yang akan kami bahas tersebut adalah sebagai berikut :
1) Titik persinggungan
antara pendidikan dengan teknologi .
2) Perbandingan antara standar
teknologi pendidikan untuk murid menurut International Society for Technology
in Education dengan kenyataan dunia pendidikan di Indonesia khususnya di Medan.
3) Ubiquitos computing dan
pandangan kelompok kami mengenai ubiquitos computing.
Hasil diskusi :
1) Titik persinggungan antara
pendidikan dan teknologi terdapat pada perkembangan dan cara mengembangkannya.
Teknologi ada karena pendidikan. Contohnya pada penciptaan komputer. Komputer
diciptakan oleh seorang insinyur. Sebelum ia mampu menciptakan komputer, ia
telah mendapatkan pendidikan sebelumnya. Pendidikan juga ada karena teknologi,
Contohnya pendidikan dengan metode e-learning. E-learning itu bisa terlaksana
karena adanya teknologi internet dan komputer. Pendidikan sendiri membutuhkan
teknologi sebagai media perkembangannya, dan sebaliknya. Dengan berkembangnya
pendidikan, teknologi juga ikut berkembang. Pendidikan dan teknologi saling
berkaitan satu sama lain. Jadi intinya, untuk mengembangkan teknologi,
dibutuhkan pendidikan, dan sebaliknya.
2) Di buku, dijelaskan bahwa
pada masa pra taman kanak – kanak sudah dikenalkan pada komputer dan
pembelajaran yang makin kompleks pada usia selanjutnya. Apabila dibandingkan
dengan masa sekolah kami dulu, kami mulai mengenal komputer sejak SD, dan itu
pun hanya pengenalan awal saja. Pemanfaatannya masih sangat minim. Lalu, pada
tingkat SMP, kami baru diperkenalkan pada beberapa aplikasi Microsoft Office,
seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Pada masa ini, frekuensi
penggunaan komputer semakin meningkat hingga masa SMA, seperti menggunakan
fasilitas internet, desain grafis, dan lain – lain. Pada dasarnya, pendidikan
teknologi yang kami terima di masa sekolah dulu masih jauh tertinggal dari
standar yang ditetapkan oleh International Society for Technology in Education.
3)
Ubiquitos computing adalah memasukkan komputer ke
kehidupan kita sehari – hari. Komputer yang dimaksudkan adalah komputer yang
diubah dalam bentuk portable dan mobile. Menurut kelompok kami, ini mempunyai
dampak positif dan negatif.
Dampak
positifnya yaitu :
-Komputer
menjadi lebih praktis untuk dibawa kemana – mana
-Semakin
memudahkan murid untuk memperoleh informasi dalam pengerjaan tugas
Dampak
negatifnya yaitu :
-Dapat
meningkatkan individualisme
-Dapat mengurangi tingkat
konsentrasi yang ujungnya berakibat menurunkan produktivitas
Demikian hasil diskusi kelompok kami.
Semoga bermanfaat =)
Daftar Pustaka
Santrock, John W. (2004). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
No comments:
Post a Comment