Monday 9 April 2012

Contoh Kasus Tacit, Fluid, dan Crystallized Inteligensi




Hai Bloggers !
Kali ini saya ingin memberikan contoh kasus tentang Tacit Inteligensi, Fluid Inteligensi, dan Crystallized Inteligensi.
Langsung aja ya,

-Tacit Inteligensi
Kemampuan dalam memecahkan masalah-masalah yang bersifat praktis.
Contoh kasus :   
Dari dulu, saya adalah orang yang sangat hobi menggambar, hampir setiap hari saya pasti menggambar. Oleh karena itu maka kebutuhan akan peralatan menggambar tentunya sangat besar. Saya jadi sangat memerlukan pensil, buku gambar, rautan, dan penghapus. Nah, berhubung saya juga termasuk orang yang ceroboh, maka saya sangat sering kehilangan penghapus. Jika hal itu terjadi saya biasanya akan menggantinya dengan karet gelang yang kebetulan berada tidak jauh dari posisi saya duduk.
Nah jadi, pada  situasi itulah Tacit Inteligensi berperan, dimana secara praktis saya dapat langsung memecahkan permasalahan yang ada.

 -Fluid Inteligensi
Kemampuan untuk mengatasi hal-hal baru dalam kehidupan
Contoh kasus :
Masih berhubungan dengan hobi menggambar saya, pada awalnya saya hanya menggambar tentang desain-desain rumah. Sehingga saya sudah sangat terbiasa dalam menggambar rumah. Namun lama kelamaan ketika saya sudah mulai tertarik dengan handphone, saya jadi merasa tergerak untuk mulai menggambar desain handphone. Disini saya benar-benar melakukan hal baru.
Dalam situasi itulah Fluid Inteligensi berperan, yaitu kemampuan saya untuk mengatasi hal baru.

-Crystallized Inteligensi
Kemampuan seseorang untuk mengatasi masalah yang sudah pernah terjadi sebelumnya.
Contoh kasus :
Berhubung handphone saya umurnya sudah lumayan tua, maka tak heran kalau ia sering mengalami masalah. Masalah yang pernah terjadi adalah handphone ini menjad benar-benar ‘lemot’, loading yang lama ketika menghidupkan, dan beberapa masalah lainnya. Di awal-awal dulu, yang saya lakukan adalah me-master reset-kan handphone saya ini. Dan ternyata hasilnya memuaskan, masalah-masalah yang muncul tadi langsung teratasi. Kemudian beberapa waktu yang lalu saya mengalami masalh yang sama. Hanphone saya kembali mengulah, namun kini saya sudah tidak bingung lagi. Karena saya sudah pernah mengalami hal ini sebelumnya maka saya langsung saja me-master reset-kan handphone saya.
Nah, di situasi tiulah Crystallized Inteligensi itu berperan, dimana saya bisa mengatasi masalah yang sudah pernah terjadi sebelumnya.
Demikianlah review saya seputar pembahasan Inteligensi.
Semoga bermanfaat :)




Sumber :


Lahey, Benjamin B . (2007) . Psychology an Introduction . New York : McGraw-Hill.

2 comments: